Pendaftaran Pengawas TPS Baru 17 Persen Dari Kebutuhan

IMG-20190204-WA0029Hingga saat ini 1300 orang yang mendaftar sebagai pengawas TPS, atau 17 persen dari total 7600 orang yang dibutuhkan. Demikian yang disampaikan Komisioner Bawaslu Jember Devi Aulia, Selasa siang.
Devi menjelaskan, sejak dibuka pendaftaran pekan lalu,hingga saat ini baru ada 1300 orang lebih yang mendaftar dari hasil rekrutmen PPK di 23 Kecamatan. Padahal yang dibutuhkan sebanyak 7600 orang lebih. Karena itu Bawaslu akan melakukan monitoring setiap hari, untuk memantau rekrutmen khususnya untuk daerah terpencil, yang susah merekrut pengawas TPS.
Bawaslu lanjut Devi, menargetkan jumlah pendaftar di seluruh kabupaten mencapai 15 ribu orang, atau dua kali lipat dari kebutuhan agar terjadi seleksi. Namun Devi menyadari agak sulit, karena kualifikasi yang disyaratkan cukup sulit, diantaranya berusia 25 tahun dan berpendidikan minimal SMA.
Jika ternyata hingga sampai penutupan ternyata jumlah pendaftar masih kurang, maka Bawaslu akan kembali membuka pendaftaran selama 3 hari. Dan apabila di satu Desa masih juga kurang, maka akan diambilkan dari Desa sebelahnya, yang diketahui oleh perangkat desa setempat.

(323 views)