Menteri ESDM Akhirnya Batalkan Kepmen 1802 Tentang Kawasan Tambang Emas Blok Silo

26d64eb465d0c83a8749ec0fbfe46dacb9f38e85_s2_n2Perjuangan panjang masyarakat Silo menolak tambang emas akhirnya membuahkan hasil. Menteri ESDM Ignatius Jonan Rabu malam menandatangani surat pembatalan Kepmen 1802 tentang blok Silo. Kepastian ini diterima Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu Rabu malam.

Gus Irawan menjelaskan, harusnya memang Dirjen Minerba mendampingi Komisi VII saat turun ke Silo. Namun karena berhalangan, usai bertemu langsung dengan masyarakat Silo, dirinya menyampaikan kepada Kementerian ESDM terkait situasi dan kondisi masyarakat di Silo. Gus Irawan juga minta persoalan Silo segera diselesaikan, dan minta diberi informasi setiap perkembangannya.

Gus irawan bersyukur Rabu malam sekitar jam 18.30, dirinya mendapat kabar bahwa surat pembatalan Kepmen 1802 sudah ditandatangani oleh Menteri ESDM. Bahkan melalui pesan singkat dirinya juga dikirimi foto surat yang sudah ditandatangani Menteri, meski belum dilengkapi nomor dan stempel. Sebab untuk nomor dan stempel merupakan ranah Dirjen. Dengan ditandatanganinya pembatalan ini oleh Menteri, Gus Irawan memastikan tidak akan ada aktifitas pertambangan di kawasan Silo.

Sebelumnya Rabu pagi 5 orang perwakilan Komisi VII DPR RI didampingi Kapolres Jember, melakukan kunjungan kerja ke Desa Pace Kecamatan Silo. Kunjungan kerja ini dilakukan untuk menyerap aspirasi masyarakat setempat, terkait rencana tambang emas Silo, yang diberitakan media massa mendapat penolakan keras dari masyarakat, DPRD dan juga pemerintah daerah.

(508 views)