KPU Hanya Sediakan Template Disabilitas Untuk Surat Suara Capres-Cawapres

Dalam pemilu nanti KPU hanya akan menyediakan template untuk membantu pemilih tuna netra, khusus untuk surat suara capres cawapres. Sebab template  surat suara legislatif tidak memungkinkan, karena jumlahnya terlalu banyak.

Komisioner KPU Kabupaten Jember Ahmad Hanafi menjelaskan, pihaknya memberikan perhatian khusus kepada pemilih disabilitas, dengan menyediakan template atau alat bantu untuk penyandang tuna netra. Hanya saja memang yang disediakan khusus untuk surat suara capres-cawapres. Sebab jumlah Caleg sangat banyak, sehingga jika disediakan template bisa lebih besar dari surat suaranya.

Solusinya lanjut Hanafi, agar pemilih disabilitas netra tetap bisa menyalurkan hak suaranya, mereka diijinkan untuk membawa pendamping untuk mencoblos calon legislatif yang dikehendaki.

Hanafi menambahkan, pihaknya juga sudah memberikan bimbingan teknis kepada jajaran penyelenggara di bawahnya, agar tempat pemungutan suara atau TPS dibuat ramah difable, mengingat jumlah pemilih dissabilitas di Kabupaten Jember mencapai 6.700 orang lebih.

(220 views)