Guru Senior Enggan Jabat Kepala Sekolah

Sebagian besar guru senior di Kabupaten Jember enggan menjabat sebagai Kepala Sekolah. Kondisi ini diduga akibat besaran tunjangan Kepala Sekolah, selama ini terlalu kecil sehingga tidak seimbang dengan beban kerja yang diberikan.

Ketua PGRI Jember Supriono kepada sejumlah wartawan menceritakan, dirinya mendapat banyak laporan dari para Kepala Sekolah, yang menyebutkan bahwa tunjangan kinerja yang diterima Kepala Sekolah dari Pemkab, hanya sebesar 125 ribu rupiah perbulan.

Padahal menurut Supriono, Kepala Sekolah memiliki berbagai tugas cukup berat, di antaranya mengelola dana BOS yang cukup rumit. Sebab sedikit saja terjadi kesalahan akan berdampak hukum. Karena itu saat ini guru-guru senior yang mestinya sudah layak menjadi Kepala Sekolah jadi takut. Supriono khawatir persoalan ini menyebabkan terjadinya krisis Kepala Sekolah, padahal saat ini sedang persiapan menghadapi Ujian Nasional.

Supriyono berharap Pemkab Jember segera menaikkan tunjangan untuk Kepala Sekolah, sehingga diharapkan guru-guru senior tidak enggan lagi menjadi Kepala Sekolah, dan ketika menjabat sebagai Kepala Sekolah mereka dapat bekerja secara profesional.

(438 views)