Tol Trans Jawa Dinilai Pengaruhi Bisnis Penerbangan di Indonesia

Pembangunan Tol Trans Jawa oleh Pemerintah, sedikit banyak mempengaruhi bisnis penerbangan di Indonesia. Demikian disampaikan Pengamat Penerbangan Nasional yang juga Anggota Ombusman RI, Alvin Lie saat dikonfirmasi via telepon seluler.

Menurutnya, perbedaan harga tiket pesawat dan biaya perjalanan dengan menggunakan tol, mempengaruhi cara bertransportasi masyarakat. Masyarakat akan lebih memilih bepergian lewat tol, dari pada menggunakan transportasi udara, karena selain dapat memangkas waktu perjalanan, biaya yang dikeluarkan juga lebih kecil.

Alvin mencontohkan, untuk penerbangan rute Semarang-Surabaya, secara otomatis akan mati, dengan adanya tol trans jawa. Saat ini, Semarang-Surabaya cukup perjalanan 3 jam, dengan biaya tol 300 ribu rupiah, sehingga dinilai lebih hemat dibandingkan dengan moda transportasi udara.

Kondisi ini, lanjut Alvin tentu akan berpengaruh terhadap okupansi maskapai penerbangan. Akibatnya, banyak maskapai yang mengurangi frekuensi penerbangan di daerah-daerah yang dinilai okupansinya rendah.

(228 views)