Penumpang Sepi Garuda Indonesia Kurangi Frekuensi Penerbangan ke Jember

Akibat jumlah penumpang sedikit, per 10 Januari 2019 Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia memutuskan untuk mengurangi frekuensi penerbangan Jember Surabaya. Dalam sepekan Garuda hanya melayani penerbangan hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu.

Sales Manager Garuda Indonesia Jember Heru Joko Satria menjelaskan, memang setiap masuk awal tahun jumlah penumpang mengalami penurunan. Hanya saja untuk tahun kemarin penerbangan Surabaya Jember masih mampu bertahan. Namun untuk tahun ini, dari 70 seat yang tersedia rata-rata hanya terisi 35 sampai 40 penumpang perhari.

Setelah melalui rapat evaluasi awal Januari kemarin lanjut Heru, Manajemen Garuda Indonesia memutuskan mengurangi frekuensi penerbangan ke daerah yang mengalami low session, salah satunya tujuan Jember Surabaya. Sehingga dalam sepekan Garuda hanya menyalani penerbangan di hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu. Sedangkan penerbangan hari Selasa, Kamis dan Sabtu untuk sementara ditiadakan.

Pengurangan frekuensi penerbangan ini menurut Heru karena dari hasil evaluasi, penumpang tujuan Surabaya Jember rata-rata untuk kepentingan bisnis, sehingga yang ramai justru di hari kerja. Mungkin karena potensi wisata di Jember kurang terekspose, kunjungan ke Jember di akhir pekan justru sepi.

(579 views)