Melewati Tahun Anggaran Sekolah Takut Cairkan Dana PPG

Sejumlah sekolah tidak berani mencairkan dana Progam Pendidikan Gratis atau PPG 2018, karena baru ditransfer ke rekening sekolah per tanggal 2 Januari 2019. Pihak sekolah khawatir jika digunakan akan berpotensi menimbulkan persoalan hukum, karena sudah melewati tahun anggaran.

Ketua Komisi D DPRD Jember Mohammad Hafidi, mempertanyakan keabsahan dana tersebut kepada Pemkab, karena dalam rekening sekolah tertulis baru diterima tanggal 2 Januari. Hafidi menilai wajar sekolah takut mencairkan, karena khawatir akan menimbulkan persoalan hukum.

Jika ternyata memang tidak boleh dicairkan, Hafidi khawatir ada sekolah yang terlanjur mencairkan karena ketidaktahuannya, sehingga dianggap dana tersebut sah untuk digunakan.

Sementara PLT Kepala Dispendik Jember Edi Budi Susilo mengatakan, pihaknya sudah menyelesaikan semua laporan, sehingga harusnya seluruh sekolah sudah menerima transfer dana PPG paling lambat tanggal 31 Desember. Tetapi jika ternyata dana baru diterima 2 Januari, dalam waktu dekat dirinya akan berkoordinasi dengan BPKA dan Inspektorat, agar sekolah yang mengalami hal ini tetap bisa mencairkan dan dipastikan tidak terancam persoalan hukum.

(468 views)