Minggu Ini Bawaslu Akan Meminta Klarifikasi Bupati

Minggu ini Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Jember, akan meminta klarifikasi sejumlah saksi termasuk Bupati Jember selaku terduga pelaku pelanggaran. Hal ini disampaikan Komisioner Bawaslu Jember Andika, terkait temuan dugaan pelanggaran dalam video bupati dalam acara kongres perangkat desa yang sempat viral di media sosial.
Melalui telefon selularnya Andika menjelaskan, beberapa waktu lalu Bawaslu sudah melakukan rapat, dan memutuskan untuk mencatat dugaan pelanggaran tersebut dalam register temuan. Dengan demikian secepatnya diupayakan minggu ini, Bawaslu akan meminta klarifikasi dari para saksi dan juga bupati sebagai orang yang diduga melakukan pelanggaran.
Setelah klarifikasi selesai lanjut Andika, baru akan dilakukan pembahasan bersama di sentra Gakkumdu pasal mana saja yang disangkakan bisa diproses lebih lanjut. Dugaan pelanggaran administrasi akan diproses Bawaslu, pelanggaran pidana oleh Gakkumdu dan jika ada pelanggaran lain akan dilimpahkan ke Inspektorat.
Diberitakan sebelumnya video Bupati Jember ketika memberikan pengarahan dalam acara kongres perangkat desa beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial. Dalam video tersebut nampak sambil bergurau, bupati minta perangkat desa tidak teriak-teriak nama suaminya yang juga Caleg DPR RI, tetapi yang penting di coblos.

(589 views)