Kampung Zakat Terpadu Binaan Kemenag Jember Jadi Kampung Zakat Percontohan

Meski baru berumur 10 bulan, kampung zakat terpadu binaan Kantor Kementerian Agama Jember yang terletak di Dusun Pace Desa Jambearum Kecamatan Sumberjambe berkembang dengan pesat. Bahkan saat ini menjadi kampung zakat percontohan di Jawa Timur. Demikian yang disampaikan Direktur Kampung Zakat Terpadu binaan Kemenag Jember Muhammad Muslim.

Menurut Muslim, sejak awal dilaunchingnya kampung zakat terpadu di dusun pace pada bulan Maret 2018 lalu, hingga saat ini sudah mulai terlihat perkembangannya. Dari 24 ekor kambing yang diserahkan ke warga kampung zakat yang berhak, saat ini sudah berkembang biak dengan baik.

Selain itu Taman Pendidikan Al Quran yang dikembangkan dari nol, kini santrinya sudah berjumlah 80 orang lebih. Bahkan dengan sinergi dengan Lembaga Amil Zakat atau LAZ Jember dan sejumlah pihak, sudah sering memberikan santunan janda duafa, pemberian pelayanan kesehatan gratis, dan pembinaan kerajinan anyaman bambu bernilai jual.

Dengan perkembangan yang sudah terlihat tersebut lanjut Muslim, kampung zakat terpadu binaan Kemenag Jember ini menjadi kampung zakat percontohan di Jawa Timur. Bahkan juga dilirik oleh sejumlah mahasiswa dari sejumlah universitas ternama mengajukan izin melakukan penelitian, untuk penyusunan tesis maupun disertasi.

Lebih lanjut Muslim menjelaskan, dalam waktu dekat Unit Pengumpul Zakat Kemenag Jember, akan melakukan bedah rumah sebanyak dua rumah di kampung zakat. Karena itu Muslim mempersilahkan bagi semua pihak termasuk Pemkab Jember, jika ingin berdonasi untuk pembangunan rumah warga Dusun Pace. Sebab meski tanah di dusun tersebut cukup subur dan berpotensi dikembangkan pertanian, namun nyatanya masih ada sekiat 193 rumah yang masih beralaskan tanah.

(929 views)