Sepanjang 2018 BI Amankan 3500 Lembar Uang Palsu

Hingga pertengahan Desember 2018 ini, Bank Indonesia Jember berhasil mengamankan 3500 lembar lebih uang rupiah palsu berbagai pecahan. Jumlah ini lebih sedikit dibanding tahun 2017 lalu, yakni hampir mencapai 4600 lembar.

Kepala Sistem Pembayaran Bank Indonesia Jember Febriana menyebutkan, meski ditemukan berbagai pecahan namun tetap paling banyak pecahan 100 dan 50 ribuan. Uang palsu tersebut diperoleh dari laporan masyarakat, pernyitaan oleh perbankan dan juga pengungkapan kasus upal oleh pihak kepolisian.

Febriana bersyukur peredaran uang palsu di wilayah kerja Bank Indonesia Jember relatif terkendali, atas kerjasama yang baik dengan pihak kepolisian, yang terus berupaya memberantas peredaran uang palsu. Hal ini menurut Febriana, juga didukung dengan meningkatnya pemahaman masyarakat, untuk membedakan uang asli dan palsu.

selain terus berupaya melakukan penelitian terkait modus dan tehnik pemalsuan uang yang beredar di masyarakat, untuk menekan peredaran uang palsu BI juga giat melakukan sosialisasi penggunaan non tunai.

(296 views)