Guru Besar Monash University Australia Berharap Pilpres 2019 Tidak Sampai Mengorbankan Keutuhan NKRI

Guru Besar Monash Law School OG Monash University Australia asal Indonesia Nadirsyah Hosen atau lebih dikenal Gus Nadir, berharap sekeras apapun pertarungan dalam pemilihan Presiden, tidak sampai mengorbankan persatuan dan kesatuan NKRI. Hal ini disampaikan Gus Nadir usai memberikanmkuliah rakyat tentang negara dan hukum dalam perspektif islam, di Fakultas Hukum Unej Minggu sore.

Menurut Gus Nadir, perdebatan mengenai ideologi Pancasila dan NKRI dalam perspektif Islam, sebenarnya sudah tuntas karena sesuai dengan syariat. Namun sayangnya isu tersebut muncul kembali, seiring berkembangnya kelompok-kelompok yang menyebarkan ajaran khilafah.

Diperparah lagi dengan momentum pemilihan presiden 2019, dimana kelompok-kelompok ini bergabung dengan kelompok anti NKRI dan Pancasila. Seharusnya menurut Gus Nadir, sesengit apapun kondisi perpolitikan di tanah air, baik petahana maupun lawan politiknya sama-sama bersikap dewasa, memahami bahwa tugas menjaga keutuhan bangsa dan negara jauh lebih penting.

Gus Nadir yang juga merupakan pengarang buku Islam Yes Khilafah No ini, mempersilahkan jika ada pihak-pihak yang kurang suka kinerja petahana, karena memang merupakan hak konstitusi yang dilindungi undang-undang. Hanya saja jangan kemudian bergabung dengan kelompok radikal, yang justru mengancam keutuhan NKRI.

(267 views)