Mulai Januari Hingga Menjelang Akhir Tahun Anggaran Progam Pendidikan Gratis Belum Juga Dicairkan

 

Dana Progam Pendidikan Gratis atau PPG, sejak Januari hingga menjelang akhir tahun masih belum ada kejelasan, baik dari sisi nilai maupun waktu pencairannya. Padahal dana tersebut sangat dibutuhkan untuk membantu operasional sekolah, seiirng diberlakukannya larangan bupati bagi sekolah untuk menerima sumbangan, dari pihak luar dengan alasan apapun.

PLT Kepala Dispendik Jember Mohammad Ghozali saat dikonfirmasi, mengakui sejak Januari hingga pertengahan November 2018 belum ada pencairan dana PPG, dengan alasan sampai saat ini masih dalam proses penghitungan honor GTT, yang juga sebagian diambilkan dari dana PPG.

Setelah honor GTT dari dana PPG ini sudah dicairkan seluruhnya, baru nanti sisanya akan dicairkan ke masing-masing sekolah untuk membantu kebutuhan operasional. Namun Ghozali juga belum bisa memastikan, kapan dana PPG untuk operasional sekolah tersebut akan dicairkan.

Sebelumnya Anggota Komisi D DPRD Jember Nurhasan, menyayangkan belum dicairkannya dana PPG kepada sekolah hingga menjelang akhir tahun anggaran,, akibatnya seluruh sekolah saat ini hanya mengandalkan dana BOS untuk operasional sehari-hari. Sebab dengan diberlakukannya PPG, sekolah tidak lagi diijinkan menerima sumbangan dari wali murid dengan alasan apapun.

 

(373 views)