Paling Lambat Dua Bulan Kasus Dugaan Pungli Adminduk Dilimpahkan ke JPU

Hingga saat ini pemeriksaan terhadap saksi terkait dugaan pungli adminduk, masih terus berlanjut. Kapolres Jember Akbp Kusworo Wibowo memastikan paling lambat dua bulan mendatang kasus tersebut, dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum.

Kepada sejumlah wartawan Kusworo menjelaskan, pemeriksaan terhadap saksi untuk memperkuat alat bukti kasus dugaan pungli adminduk, masih terus dilakukan. Meski demikian Kusworo belum bisa memastikan apakah akan ada penambahan tersangka.

Selain itu Kusworo mengaku, pihaknya masih menunggu bukti aliran dana hasil pungli yang diterima kedua tersangka, dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan atau PPATK, untuk menelusuri apakah ada tindak pidana pencucian uang dalam kasus tersebut. Karena itu kasus tersebut belum bisa dilimpahkan ke JPU untuk kemudian disidangkan. Meski demikian, Kusworo memastikan paling lambat dua bulan mendatang, berkas, alat bukti dan kedua tersangka, sudah dilimpahkan ke JPU.

Diberitakan sebelumnya polisi masih terus mendalami puluhan slip setor tunai yang diamankan dari rumah Kadispenduk Capil Jember, saat penggeledahan beberapa waktu lalu. Bahkan polisi sudah berkirim surat kepada Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan atau PPATK, untuk membantu menulusuri aliran dana pungli Adminduk.

(333 views)