Bank Indonesia Resmi Hapus Peredaran 4 Pecahan Uang Rupiah

Bank Indonesia secara resmi menghapus peredaran 4 pecahan uang rupiah, yakni 100 ribu dan 50 ribu cetakan tahun 1999, dan pecahan 20 ribu serta 10 ribu cetakan tahun 1998. Sehingga per Januari 2019 mendatang, jika masih ada 4 pecahan uang tersebut, sama sekali tidak memiliki nilai.

Kepala Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Jember Hestu Wibowo menjelaskan, 4 pecahan mata uang habis masa beredarnya tanggal 31 Desember 2018 mendatang. Keempat pecahan tersebut masing-masing pecahan 100 ribu rupiah bahan polimer atau plasti dengan gambar Sukarno-Hatta, pecahan 50 ribu rupiah bergambar Wr. Supratman, pecahan 20 ribu rupiah bergambar Ki Hajar Dewantara dan pecahan 10 ribu rupiah bergambar Cut Nyak Dien.

Hestu menghimbau kepada masyarakat yang sampai hari ini masih memegang uang pecahan tersebut, untuk segera menukarkannya. Sebab terhitung sejak tanggal 1 Januari 2019 mendatang, keempat pecahan uang itu dipastikan tidak ada nilainya lagi, meski ditukarkan ke Bank Indonesia.

Untuk tempat penukaran menurut Hestu, hanya bisa dilakukan di Kantor Bank Indonesia. Untuk bank-bank umum atau BPR tidak bisa melayani penukaran uang pecahan yang dihapus peredarannya.

(477 views)