Polisi Telusuri Adanya Pencucian Uang Dalam Kasus Pungli Adminduk

Proses penyelidikan kasus pungli adminduk hingga saat ini masih terus berlanjut. Unit Tipikor Polres Jember bakal bekerja sama dengan Kasi Pidus Kejaksaan Negeri Jember, untuk membantu menelusuri adanya kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang atau TPPU. Demikian yang disampaika Kasat Reskrim Polres Jember Akp Erik Pradana.

Kepada sejumlah wartawan Erik menjelaskan, hingga saat ini kasus pungli adminduk yang melibatkan Kadispenduk Capil dan seorang warga sipil berinisial K sebagai tersangka, masih terus dikembangkan. Setelah memeriksa setidaknya 30 orang saksi dalam kasus tersebut, beberapa waktu lalu polisi melakukan penggeledahan lanjutan di Kantor Dispenduk Capil. Bahkan untuk memperkuat alat bukti polisi juga melakukan penggeledahan di rumah tersangka Y dan K.

Tidak cukup sampai di situ untuk menyelidiki kemana saja aliran dana pungli tersebut lanjut Erik, pihaknya sudah berkirim surat kepada Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan atau PPATK. Bahkan Erik juga mengaku bakal bekerja sama dengan Pidsus Kejari Jember, untuk  membantu menelusuri kemungkinan adanya tindak pidana pencucian uang, yang dilakukan oleh kedua tersangka.

Diberitakan sebelumnya, polisi masih terus mendalami puluhan slip setoran tunai yang diamankan dari rumah Kadispenduk Capil Jember, saat penggeledahan beberapa waktu lalu. Bahkan Senin siang polisi sudah berkirim surat, kepada Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan atau PPATK, untuk membantu menulusuri aliran dana pungli adminduk.

(242 views)