Jual Satwa Dilindungi Oknum Tenaga Honorer PT KAI Ditangkap

Nekat memperjualbelikan satwa dilindungi, seorang tenaga honorer PT KAI Jember berinisial MR warga Kecamatan Maesan Bondowoso, Rabu malam ditangkap Unit Reskrim Polsek Arjasa, saat menunggu pembeli di seputaran SPBU Arjasa.

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo menceritakan, awalnya pihaknya menerima laporan bahwa bakal ada transaksi jual beli satwa di lindungi, di seputaran SPBU Jalan Sultan Agung Arjasa. Berbekal informasi tersebut, anggota Polsek arjasa, meluncur ke TKP.

Sesampainya di TKP ternyata memang benar, bahwa tersangka sedang menuggu pembeli. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka beserta barang buktinya berupa 2 ekor burung rangkok, seekor burung elang bido, 2 ekor burung elang alap-alap nipon, 4 ekor kucing hutan, dan satu unit sepeda motor milik tersangka, digelandang ke Mapolsek Arjasa. Kepada penyidik tersangka yang kesehariannya sebagai tenaga honorer PT KAI Jember mengaku, mendapatkan satwa dilindungi tersebut dari seorang warga Bondowoso melalui jual beli online, yang hingga saat ini masih dalam proses pengejaran.

Lebih lanjut Kusworo menjelaskan, dari sejumlah hewan yang diperjual belikan tersangka, hanya ada 8 ekor yang masuk kategori dilindungi, yakni 4 ekor kucing hutan, 2 ekor rangkok, dan 2 ekor burung elang alap-alap. Dalam setiap ekor hewan yang berhasil terjual, tersangka mengambil keuntungan antara 25 ribu hingga 35 ribu rupiah. Akibat perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 21 juncto Pasal 40 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990, tentang Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistemnya, dengan ancaman hukuman penjara maksimal 5 tahun dan denda 100 juta rupiah.

Sementara Kepala BKSDA III Jember Setyo Utomo menjelaskan, satwa dilindungi yang disita dari tersangka nantinya bakal dilepasliarkan ke habibat yang sesuai.

(382 views)