Jelang Musim Penghujan Relawan Gencar Berikan Sosialisasi Mitigasi Bencana

Menjelang musim penghujan, sejumlah relawan bencana Kabupaten Jember mulai gencar memberikan penyuluhan mitigasi bencana, kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana. Setelah sejumlah relawan BPBD memberikan penyuluhan mitigasi bencana banjir, Kamis pagi giliran relawan dari Koramil Puger yang memberikan penyuluhan mitigasi bencana tsunami, kepada Warga Puger.

Salah satu relawan Letkol Infanteri Rudianto menjelaskan, menjelang datangnya musim penghujan, kerap dibarengi dengan terjadinya bencana bajir dan longsor di Kabupaten Jember. Karena itu Rudianto mengapresiasi penyuluhan mitigasi bencana tsunami yang dilakukan Koramil Puger.

Dengan adanya penyuluhan mitigasi ini Rudianto berharap, masyarakat bisa meningkatkan kewaspadaan dan warga tidak panik saat benar-benar terjadi bencana. Sehingga timbulnya korban jiwa saat terjadi bencana dapat dihindari. Rudianto mengaku, sebelum memberikan relawan bencana dari Koramil penyuluhan mitigasi tsunami kepada warga setempat, sebelumnya sudah pernah memberikan penyuluhan mitigasi bencana banjir dan tanah longsor, bersama 45 komunitas relawan yang ada di Kabupaten Jember.

Lebih lanjut Rudianto menjelaskan, setelah melakukan penyuluhan mitigasi dengan bertatap muka langsung dengan sebagian warga, tim relawan juga sudah membagikan artikel tentang mitigasi bencana, melalui media dan dibagiakan secara langsung.

(225 views)