BKSDA Jember Amankan Seekor Elang Alap-alap Nipon Asal Australia

Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA Jember, Rabu pagi mengamankan seekor burung elang alap-alap nipon, yang merupakan burung asal negara Asutralia, di Perumahan Muktisari Kelurahan Tegal Besar Kaliwates. Diduga kuat, elang tersebut singgah di Pulau Jawa, saat hendak bermigrasi dari Australia bagian Utara ke Selatan.

Pengendali Ekosistem Hutan Pertama BKSDA Jember Haryono kepada sejumlah wartawan menjelaskan, Rabu pagi pihaknya menerima laporan dari warga Perumahan Muktisar, yang melihat seekor burung elang asing bertengger di atas bambo. Setelah didatangi ke lokasi penemuan, ternyata burung elang tersebut merupakan burung elang alap-alap nipon, yang habitat asilnya berada di Negara Austalia.

Agar burung tersebut tidak mati, Tim BKSDA menangkap dan membawa burung tersebut ke Kantor penyelamatan sementara BKSDA Jember, untuk dirawat. Jika memang kondisinya semakin membaik, burung tersebut akan diserahkan ke lembaga konservasi di Malang, yang selanjutnya akan dilepas liarkan ke habitat yang sesuai. Haryono menduga, keberadaan burung asal australia tersebut di Pulau Jawa, hanya sekedar singgah saat melakukan migrasi dari Australia bagian Utara ke Selatan.

Lebih lanjut Haryono menjelaskan, melihat iklim di Australia bagian Utara yang mulai dingin, sangat mungkin ada lagi burung elang alap-alap nipon lainnya yang singgah di Pulau Jawa. Sebab pulau Jawa setiap tahunnya menjadi tempat persinggahan saat burung tersebut melakukan migrasi, untuk berkembang biak dan bertahan hidup di Australia bagian Selatan.

(393 views)