Satgas Dana Desa Periksa Dua Desa di Jember yang Diduga Bermasalah

Satgas Dana Desa Kementerian Desa, Rabu pagi mendatangi Desa Mayangan Gumukmas, dan Desa Rambigundam Rambipuji. Tim Dana Desa akan melakukan klarifikasi dan cek lapangan, terkait pengaduan masyarakat atas dugaan terjadinya penyelewengan.

Koordinator Satgas Dana Desa Mashudi menjelaskan, Kementerian Desa mendapat pengaduan dari masyarakat, tentang dugaan penyimpangan pengelolaan Dana Desa. Ada ratusan pengaduan yang diterima, namun untuk di Jember hanya ada dua, yakni Desa Mayangan dan Rambigundam.

Untuk itulah Rabu pagi Satgas Dana Desa turun melakukan pemeriksaan kepada pemerintah desa setempat. 3 hal yang akan menjadi perhatian, di antaranya legalitas formal, administrasi dan team work. Pihaknya juga akan memeriksa tahap perencanaan, pelaksanaan hingga realisasinya. Jika ditemukan ketidaksesuaian, pihaknya akan meminta Inspektorat untuk menelaah lebih lanjut.

Lebih jauh Mashudi menjelaskan, seluruh temuan di lapangan akan ditindaklanjuti, setelah dilakukan pemeriksaan fisik. Jika kemudian ditemukan terjadinya kerugian negara, maka Satgas akan melimpahkannya kepada pihak penegak hikum.

sementara Kades Rambigundam Mangsur menduga, ada unsur politis dengan kedatangan Satgas Dana Desa ke tempatnya. Mangsur mengaku tahu siapa dalang yang membuat kekisruhan ini. Meski demikian Mangsur mengaku siap diperiksa oleh Satgas, karena dirinya yakin pengelolaan Dana Desa dilakukan sesuai prosedur. Bahkan Mangsur memastikan antara SPJ dan realisasi fisik dilapangan sudah sesuai.

(617 views)