Buta Aksara Berbanding Lurus dengan Angka Kemiskinan

Tingginya angka buta aksara Dikabupaten Jember, berbanding lurus dengan angka kemiskinan. Demikian kesimpulan sementara yang diperoleh Caleg Demokrat Tri Sandi, setelah beberapa kali turun langsung di kantong kemiskinan wilayah Jember Utara.

Menurut Sandi, ketika dirinya turun di daerah Jember Utara, ternyata sangat banyak masyarakat yang masih buta aksara. Bahkan jika dihitung, jumlah penyandang buta aksara berbanding lurus dengan angka kemiskinan. Sehingga dua persoalan ini harus diselesaikan bersamaan.

Sayangnya lanjut Sandi, dirinya belum melihat dilakukannya upaya maksimal oleh Pemerintah Daerah. Angka buta aksara di Jember masih sangat tinggi. Padahal pendidikan merupakan kebutuhan dasar, yang menjadi hak seluruh masyarakat Indonesia.

Saat ini menurut Sandi, dirinya bersama Seven Dream Group berupaya membantu pengentasan buta aksara dengan swadaya. Bahkan dalam waktu dekat dirinya juga akan bekerjasama dengan rekannya di Jakarta, yang memiliki program Indonesia Mengajar, untuk terlibat aktif dalam pengentasan buta aksara di Jember.

(254 views)