Bawaslu Segera Turunkan Paksa APK yang Melanggar SK KPU 130

Bawaslu Kabupaten Jember akan segera menurunkan paksa Alat Peraga Kampanye peserta pemilu, yang tidak sesuai dengan ketentuan Keputusan KPU Nomo 130. Demikian ditegaskan Komisioner Bawaslu Kabupaten Jember Devi Aulia Kamis pagi.

Menurut Devi pihaknya saat ini sudah menginstruksikan kepada seluruh Panwascam, untuk berkoordinasi dengan pengurus parpol terkait titik-titik pemasangan APK tambahan. Sehingga ketika ditemukan APK terpasang di luar titik yang disampaikan parpol, bisa dipastikan melanggar.

Devi mengakui saat ini banyak Caleg yang sudah memasang sendiri APK miliknya, dengan jumlah yang cukup banyak. Untuk itu Bawaslu akan merekomendasikan agar parpol mencopot sendiri APK tersebut, atau akan diturunkan paksa jika melebihi batas waktu yang ditentukan.

Diberitakan sebelumnya KPU Kabupaten Jember mengeluarlan SK 130 Tahun 2018, tentang Alat Peraga Kampanye tambahan. KPU nantinya hanya akan memfasilitasi 10 baliho dan 16 spanduk, kepada masing-masing parpol di setiap kabupaten. Namun peserta pemilu dalam hal.ini parpol, boleh menambah sendiri maksimal 5 baliho dan 10 spanduk perdesa, termasuk untuk Caleg DPRD Kabupaten, Provinsi maupun DPR RI.

(336 views)