Bawaslu Segera Petakan Titik-Titik Rawan Pelanggaran Pemilu 2019

Setelah mendapat hasil pemetaan indeks kerawanan pelanggaran pemilu dari Bawaslu RI, Bawaslu Kabupaten Jember dalam waktu dekat akan segera melakukan pemetaan titik-titik rawan pelanggaran. Demikian disampaikan Komisioner Kpu Kabupaten Jember Devi Aulia.

Sebelumnya Bawaslu RI menempatkan Jember sebagai kabupaten dengan tingkat kerawanan tertinggi kedua setelah Ponorogo. Menyikapi hal ini menurut Devi, pihaknya akan segera melakukan pemetaan titik-titik rawan pelanggaran secara detail, agar bisa dilakukan upaya pencegahan.

Saat ini menurut Devi, pengawas di tingkat Kecamatan dan Desa sedang mencermati dan mendata titik rawan. Setelah laporan dari.pengawas desa dan kecamatan masuk, Bawaslu Kabupaten akan menyusun strategi pencegahan, sesuai dengan potensi dan jenis pelanggaran di masing-masing kecamatan.

Selain itu lanjut Devi, pihaknya juga akan berkirim surat kepada Bupati Jember, untuk memastikan seluruh PNS di Lingkungan Pemkab Jember bersikap netral dalam pemilu 2019 mendatang. Bawaslu juga akan melakukan sosialisasi langsung, tentang larangan asn terlibat politik praktis hingga di tingkat Desa dan Kelurahan.

(244 views)