Seluruh Kampus di Jatim Rawan disusupi Aliran Radikal

Berdasarkan hasil survey intelejen yang dilakukan sepanjang 2017 hingga pertengahan 2018, seluruh perguruan tinggi di Jawa Timur berpotensi disusupi ajaran radikalisme. Demikian disampaikan Kasubdit Binmas Direktorat Deradikalisme BNPT Solihudin Nasution Rabu siang.

Usai memberikan kuliah umum di Gedung Soetarjo Universitas Jember Solih menjelaskan, Intelejen Internal BNPT sejak lama melakukan pemantauan terhadap gerakan kelompok radikal. Dari situlah kemudian diketahui ternyata kampus menjadi salah satu titik rawan, yang bisa di susupi oleh aliran radikal. Bahkan beberapa di antaranya tidak hanya melibatkan mahasiswa, tetapi juga dosen.

Sayangnya Solih tidak bersedia menyebutkan, Perguruan Tinggi masa saja yang terdeteksi sudah di susupi kelompok-kelompok aliran radikal. Sebab sesuai MoU BNPT dengan Kemenristek Dikti, jika diketahui sudah disusupi ajaran radikal maka BNPT dan Kemenristek Dikti akan menyampaikan langsung kepada Perguruan Tinggi bersangkutan.

Untuk itu solih menghimbau kepada civitas akademika dan juga seluruh mahasiswa, untuk meningkatkan kewaspadaannya terhadap kegiatan-kegiatan mahasiswa, khususnya kegiatan yang berkaitan dengan keislaman.

(271 views)