Kepmen ESDM Tentang Tambang diduga Bertentangan dengan PP Pengelolaan Kasawasan SDA

Aktivis Pecinta Alam dan Pemerhati Lingkungan Kappala Jember Wahyu Giri menilai, Keputusan Menteri ESDM tentang penetapan blok Silo sebagai kawasan tambang, bertentangan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tentang Pengelolaan Kasawan Sumber Daya Alam.

Menurut Giri dirinya sudah melakukan kajian bersama ahli kehutanan tentang Kepmen 1802. Dari hasil kajian itulah diketahui ternyata Kepmen 1802 bertentangan dengan peraturan di atasnya, yakni PP 28 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Kawasan Sumber Daya Alam dan Kawasan Pelestarian Alam.

Titik lokasi tambang Blok Silo memang tidak menyentuh kawasan taman nasional. Namun sesuai PP 28 tahun 2011, Silo merupakan kawasan penyangga taman nasional yang tidak boleh diganggu keguatan apapun, apalagi keguatan penambangan.

Giri mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak Taman Nasional Meru Betiri, yang ternyata juga khawatir dengan adanya penetapan blok Silo sebagai kawasan tambang. TNMB khawatir aktivitas tambang mengganggu ekosistem dan kelestarian alam. Karena itulah diharapkan Kepmen ESDM 1802 ini bisa direvisi bahkan dicabut jika memungkinkan.

(330 views)