Ratusan Massa PMII Tagih Janji Bupati Tolak Tambang Emas

IMG-20180920-WA0012Ratusan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia PMII Cabang Jember, Kamis pagi menggelar aksi unjuk rasa di halaman DPRD dan Pemkab Jember. Mereka mendesak Bupati memenuhi janjinya menolak tambang emas Silo, jika perlu dengan mengajukan gugatan atas Kepmen ESDM 1802, yang menetapkan blok Silo sebagai wilayah eksplorasi tambang emas.

Korlap Aksi Rony Ardiansyah mengatakan, aksi mahasiswa ini bertujuan mengingatkan Bupati terhadap janjinya kepada masyarakat untuk menolak tambang emas di Silo. Sebab ada 47 ribu jiwa yang terancam jika tambang emas tersebut berjalan. Bukan hanya kerusakan lingkungan, tetapi sumber mata air terbesar untuk irigasi juga akan mati.

PMII mendesak Bupati segera meminta Menteri ESDM membatalkan penetapan blok Silo sebagai kawasan eksploitasi tambang. Bahkan jika perlu Bupati mengajukan gugatan hukum untuk membatalkan Kepmen ESDM tersebut.

Di Kantor Pemkab Jember aktivis PMII ditemui Kabid Perdagangan Internasional Hery Listiantoro. Menurut Heri sesuai janjinya, Bupati sudah membuat surat keberatan kepada Gubernur dengan tembusan Menteri ESDM, atas ditetapkannya blok Silo sebagai kawasan eksplorasi tambang. Bahkan surat tersebut sudah diantar langsung oleh Kepala Disperindag ke Surabaya.

Sebenarnya lanjut Heri, Kepmen ESDM Nomor 1802 ini baru merupakan penetapan kawasan. Untuk proses penambangannya sendiri masih banyak persyaratan lain yang harus dipenuhi, salah satunya proses lelang yang akan melibatkan Pemkab. Sehingga tidak mungkin operasional tambang emas bisa dilakukan dalam waktu dekat.

 

(469 views)