Perpanjangan Penetapan DPT HP dan Putusan MK Tidak Berpengaruh Bagi KPU Jember

Perpanjangan waktu penetapan DPT Nasional dan Putusan MK terkait diijinkannya Caleg mantan napi koruptor, tidak berpengaruh bagi KPU Kabupaten Jember. Demikian disampaikan Komisioner KPU Kabupaten Jember Ahmad Hanafi Senin siang.

Menurut Hanafi, meski KPU Pusat sudah sepakat dengan seluruh parpol untuk memperpanjang masa penetapan DPT hasil perbaikan selama 60 hari kedepan, mungkin ada sejumlah KPU Kabupaten yang juga harus melakukan perbaikan. Namun untuk Kabupaten Jember sendiri menurut Hanafi tidak ada perubahan.

Sebab beberapa waktu lalu lanjut Hanafi, KPU Kabupaten jEmber sudah berkoordinasi dengan KPU Provinsi Jawa Timur, dan dinyatakan bahwa untuk Kabupaten Jember tidak ditemukan adanya data pemilih ganda. Artinya DPT yang sudah ditetapkan KPU Kabupaten Jember beberapa waktu lalu sudah cukup valid.

Bukan hanya terkait DPT, Putusan Mahkamah Konstitusi yang mengijinkan mantan napi koruptor mencalonkan diri, juga tidak berpengaruh terhadap daftar calon sementara di Jember. Sebab setelah dilakukan penelitian, dari 600 lebih bacaleg tidak ada satupun mantan napi koruptor.

(300 views)