Stock Melimpah Harga Cabe Terjun Bebas

Akibat melimpahnya stock, harga cabe besar maupun cabe rawit dipasaran anjlok. Harga cabe ditingkat petani hanya senilai 2500 rupiah perkilogram. Hal ini menjadi perhatian anggota Komisi B DPRD Jember Imam Suyuti.

Menurut Imam hampir diseluruh wilayah Indonedia saat ini sedang panen raya cabe, akibat petani berlomba-lomba menanam cabe ketika harga tinggi beberapa waktu lalu. Akibatnya petani saat ini panen bersamaan, sehingga stock membludak yang menyebabkan harga turun drastis.

Suyuti berharap petani bisa belajar dari pengalaman dan segera mengubah pola pikirnya agar tidak terus menerus mengalami kerugian. Selama ini menurut Imam, petani hanya mempertimbangkan kondisi cuaca, tanpa mempertimbangkan apakah di daerah lain juga menanam komoditas yang sama.

Menurut Imam sudah menjadi tugas Dinas Pertanian, untuk memberikan edukasi kepada para petani tentang komoditas yang berpotensi memberikan keuntungan. Dengan demikian petani tidak salah menanam yang otomatis menghindarkan mereka dari kerugian.

(283 views)