Antisipasi Longsor Polisi Larang Kendaraan Truk Masuk ke Kawasan Rawan Longsor di Sumberbaru

Untuk mengantisipasi terjadinya bencana tanah longsor, di Dusun Poreng Desa Jambesari Kecamatan Sumberbaru, polisi melarang kendaraan truk melintas di kawasan tersebut. Sebab, dampak aktivitas kendaraan truk tahun sebelumnya, menyebabkan belasan rumah di kawasan Dusun Poreng retak.

Menurut Kapolsek Sumberbaru Akp Subagio, aktivitas keluar masuknya kendaraan truk yang mengangkut kayu sengon di Dusun Poreng, menyebabkan tanah di sekitarnya mengalami pergeseran. Bahkan, tahun 2017 lalu pergeseran tanah tersebut menyebabkan sedikitnya 13 rumah warga mengalami retak.

Untuk mengantisipasi terjadinya longsor menjelang musim penghujan mendatang, polisi dan aparat desa setempat sepakat melarang kendaraan truk melintas di kawasan Dusun Poreng. Sebab jika terjadi longsor akan menyebabkan aliran sungai di dusun setempat tersumbat reruntuhan longsor, yang ujung-ujungnya rawan menimbulkan bencana banjir  bandang.

Lebih lanjut Subagio menjelaskan, meski kendaraan truk dilarang melintas, namun kendaraan kecil masih tetap diperbolehkan. Sehingga, kayu sengon yang sebelumnya diangkut oleh truk, sekarang hanya boleh diangkut dengan mobil pickup.

(329 views)