Dispendik dan Inspektorat Telusuri Kemungkinan Aliran Dana Pungli PAUD ke Oknum Pejabat Dinas Pendidikan

Dinas Pendidikan sudah melaporkan peristiwa dua orang penilik PAUD yang terjaring OTT Tim Saber Pungli. bahkan saat ini Dinas Pendidikan dan Inspektorat sedang menelusuri, kemungkinan adanya aliran dana kepada oknum Dinas Pendidikan Kabupaten Jember.

Demikian disampaikan Sekretatis Dinas Pendidikan Jember Mohammad Ghozali Senin siang. Menurut Ghozali pihaknya terakhir berkoordinasi dengan Kasat Reskrim Polres Jember, ada dugaan sebagian uang pungli tersebut mengalir ke Dinas Pendidikan. Karena itu di internal Dinas Pendidikan juga berupaya menelusurinya.

Inspektorat lanjut Ghozali, juga melakukan penelusuran dengan meminta keterangan kepada seluruh penilik PAUD yang jumlahnya mencapai 37 orang. Bisa saja nantinya Inspektorat juga meminta keterangan dari lembaga penerima bantuan, sebab bisa jadi pungli juga terjadi di lembaga PAUD lainnya.

Terkait sanksi terhadap dua penilik PAUD berinisial SW dan AR yang terjaring OTT Tim Saber Pungli, sejauh ini dirinya juga masih menunggu petunjuk pimpinan. Tetapi biasanya lanjut Ghozali, sanksi berupa dicopot dari jabatannya sudah pasti dijatuhkan oleh Bupati. Hanya untuk sanksi berupa pemecatan sebagai PNS atau tidak dirinya masih menunggu lebih lanjut.

(381 views)