Pemadaman Listrik Berdampak Terganggunya Suplay Air Bersih Kepada Pelanggan PDAM

 

Pemadaman listrik akibat terjadinya gangguan sistem di Pembangkit Listrik Paiton, menyebabkan suplai air bersih dari PDAM kepada ribuan pelanggan terganggu. Sebab genset yang dimiliki PDAM tidak mampu mendorong suplay air bersih keseluruh area pelayanannya.

PJ Kepala Bagian Distribusi PDAM Jember Samoyan menjelaskan, pihaknya mendapat informasi dari PLN bahwa pemadaman ini diperkiraka  akan berlangsung selama 3 hari. Tentu hal ini berpengaruh terhadap distribusi air bersih kepada masyarakat, karena mayoritas sumur bor dan pompa distribusi PDAM menggunakan tenaga listrik.

Dari total 10 sumur bor milik PDAM hanya 3 sumor bor yang dilengkapi genset, yakni di di Kawasan Kaliurang, Bernady Land Slawu dan Perumahan Argopuro. 3 sumur bor yang dilengkapi genset itupun kemampuaannya tidak bisa maksimal karena daya yang dimiliki terbatas. Sementara 7 sumur bor lainnya tidak dilengkapi genset, sehingga distribusi air bersih kepada masyarakat juga terhambat.

Sebagai solusi sementara menurut Samoyan, pihaknya siap memberikan suplay air bersih kepada masyarakat, menggunakan mobil tangki dengan kapasitas 5 ribu liter berbasis permintaan. Namun karena keterbatasan armada yang hanya ada 2 unit, pelayanan air bersih gratis ini hanya bisa melayani untuk masyarakat perkotaan.

(245 views)