Akibat Gangguan Sistem PLN Listrik Jawa Bali Padam

Akibat terjadinya gangguan tehnis dari sitem transmisi di Pacitan dan Kediri, sejak Rabu siang sebagian Jawa Timur dan Bali mengalami pemadaman listrik. Demikian disampaikan Manajer Area Pelayanan Jaringan PLN Jember Ardian Egusfi melalui telefon selularnya.

Egusfi menjelaskan, sejauh ini dirinya belum mendapat konfirmasi lanjutan, mengenai penyebab terjadinya gangguan sistem ini. Namun yang pasti saat ini Tim Tehnis PLN hingga saat ini sedang berupaya sekuat tenaga melakukan perbaikan untuk normalisasi suplay.

Biasanya lanjut Egusfi, perbaikan sistem seperti ini tidak sampai memakan waktu lebih dari satu hari, tetapi hanya sekitar 4 sampai 5 jam saja. Untuk itu Egusfi menghimbau kepada masyarakat yang memiliki cadangan listrik lain, bisa menghidupkannya dengan terlebih dahulu memisahkan instalasi PLN untuk menghindari konsleting. Sebab dikhawatirkan sewaktu-waktu akan terjadi penormalan sistem.

Akibat terjadinya gangguan sistem ini seluruh wilayah Jember, Lumajang dan Banyuwangi mengalami mati total. Selain itu pemadaman juga terjadi di Surabaya dan Madura. Sedangkan di Wilayah Jawa Timur sebelah Barat seperti Pacitan, Trenggalek dan Ponorogo juga terjadi pemadaman.

(352 views)