Tingkat Partisipasi Remaja Sangat Minim

Bertepatan dengan momen Hari Keluarga Nasional atau Harganas tahun 2018, puluhan remaja yang tergabung dalam Pusat Informasi dan Konseling Remaja atau PIK-R, Jumat pagi membagi-bagikan souvenir kepada remaja yang melintas di jalan raya. Hal ini dilakukan untuk mengajak remaja bergabung dalam PIK-R, yang hingga saat ini tingkat partisipasinya masih cukup rendah.

Kabid Institusi dan Peran Serta Masyarakat BKKBN Kabupaten Jember Suprihandoko menjelaskan, motivasi remaja Kabupaten Jember untuk bergabung dalam PIK-R, hingga saat ini masih cukup rendah.

Dari total 450 ribu lebih remaja yang ada di Kabupaten Jember, hanya 15 hingga 20 persen saja yang bergabung dalam PIK-R. Padahal melalui PIK-R itulah remaja dapat terselamatkan dari pernikahan dini, pesta narkoba, dan seks bebas.

Lebih lanjut Handoko menjelaskan, PIK-R sendiri saat ini sebenarnya sudah terbentuk di seluruh kecamatan di Kabupaten Jember. Bahkan juga sudah berdiri di sekolah setingkat SMP maupun SMA, namun tingkat partisipasinya masih perlu ditingkatkan.

(282 views)