Sarana Penunjang Keselamatan Bus Antar Kota Masih Sangat Minim

Meski sudah memasuki arus mudik lebaran, sarana penunjang keselamatan dan  Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan atau P3K di dalam armada angkutan umum, hingga saat ini masih sangat minim. Demikian yang disampaikan Kepala UPT Terminal Tawang Alun Jember Samson Wahyu.

Menurut samson sejak 3 bulan terkahir pihaknya melakukan pengecekan secara berkala, terhadap amada angkutan umum yang ada di tawang alun,, ternyata banyak ditemukan sejumlah bus tanpa sabuk keselamatan, lampu utama rusak, serta belum memiliki alat pemadam api ringan atau APAR dan P3K.

Samson mengaku prihatin dengan minimnya sarana keselamatan di dalam armada angkutan umum. Samson minta PO dari tiap-tiap bus secepatnya melengkapi sarana keselamatan sesuai standart perundang-undangan. Sebab saat ini sudah memasuki arus mudik, sehingga potensi kecelakaan lebih tinggi dibanding sebelumnya.

Sambil menunggu sarana penunjang kesehatan dalam bus dipenuhi, Samson minta para penumpang agar mempersiapkan obat sendiri, teruma bagi penumpang yang memiliki riwayat penyakit tertentu.

(451 views)