117 Calon Jamaah Haji yang Dijadwalkan Berangkat Tahun ini Meninggal Dunia

Dari 145 orang calon jamaah haji yang berhak melakukan pelunasan tahap pertama tahun ini, 117 orang diantaranya sudah meninggal dunia. Hal tersebut diketahui setelah tim haji Kantor Kemenag Jember, melakukan pengecekan data ke sejumlah Puskesmas di Kabupaten Jember.

Kasi Haji Dan Umrah Kemenag Jember Ahmad Thalabi kepada sejumlah wartawan menjelaskan, dengan tingginya calon jamaah haji yang belum melakukan pelunasan, pihaknya langsung melakukan pengecekan ke tim kesehatan haji di seluruh Puskesmas di Kabupaten Jember.

Ternyata dari total 145 Calon Jamaah Haji yang belum melakukan pelunasan, 117 calon jamaah haji diantaranya sudah meninggal dunia. Menurut Thalabi, masih munculnya nama mereka di daftar Calon Jamaah Haji yang dijadwalkan berangkat tahun ini, karena pihak keluarga belum melakukan pengajuan pembatalan.

Lebih lanjut Thalabi menjelaskan, sesuai Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 148,  Tentang Petunjuk Pelaksanaan Pelunasan BPIH Reguler Tahun 2018, Calon Jamaah Haji yang wafat setelah tanggal 12 Maret lalu, bisa langsung digantikan oleh ahli waris atau keluarganya.

(778 views)