Jelang Penggilingan, PG Semboro Gelar Tradisi Petik Tebu Manten

IMG-20180507-WA0024

Jelang proses penggilingan tebu, Pabrik Gula Semboro PTPN 12, Senin pagi menggelar tradisi petik tebu manten. Dalam tradisi ini, selain sebagai ungkapan rasa syukur sekaligus sebabagai simbol kerekatan hubungan antara pihak pabrik dan petani.
General Manager atau GM PG Semboro Agus Setiono kepada sejumlah wartawan menjelaskan, tradisi tradisi petik tebu manten ini, digelar sebagai ungkapan rasa syukur atas akan dilaksanakannya penggilingan gula tahun ini. Dalam tradisi ini dua batang tebu sebelum dimasuk ke penggilingan, dinikahkan terlebih dahulu, dan dirias layaknya pengantin manusia.
Dua batang tebu pria dan wanita yang diberi nama Raden Bagus Rosan dan Dyah Ayu Roro Manis juga diarak sejauh 15 kilo meter sebelum penyerahan simbolis ke Kepala Instalasi PG Semboro. Meski tradisi ini sudah digelar tiap menjelangan proses penggilingan, namun tradisi petik tebu manten, masih cukup digemari masyakat.
Lebih lanjut Agus menjelaskan, untuk tahun 2018 ini, ada sekitar 8.601 ton tebu yang akan mulai digiling pada hari senin tanggal 21 Mei mendatang.

(1.078 views)