Puluhan Santri Mengalami Pusing, Mual dan Lemas Pasca Menapat Imunisasi Difteri

IMG-20180228-WA0002

Usai mendapat imunisasi difteri, Puluhan santri Ponpes Madinatul Ulum yang terletak di Desa Cangkring Jenggawah, Selasa petang mengalami pusing, mual dan lemas. Karena kondisinya tidak kunjung membaik, Selasa malam puluhan santri tersebut terpaksa harus dirawat di Puskesmas.

Pengasuh Ponpes Madinatul Ulum Kyai Haji Lutfi Ahmad menceritakan, Selasa pagi sekitar 600 orang lebih santrinya, mendapatkan imunisasi difteri dari Tim Puskesmas Jenggawah. Meski awalnya tidak terjadi apa-apa, Selasa petang sekitar 73 orang santri tiba-tiba mengeluh mual, pusing dan lemas.

Karena meski sudah dirawat seadanya kondsi puluhan santri ini tidak juga membaik, puluhan santri tersebut terpaksa harus menjalani perawatan medis untuk memulihkan kondisi kesehatannya. Kyai Lutfi Ahmad bersyukur, sejak Rabu pagi kondisi puluhan santri tersebut sudah berangsur membaik.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Jember Siti Nurul Qomariyah, membenarkan adanya 73 orang santri mengalami mual dan pusing, pasca diberikannya imunisasi difteri.

Menurut Nurul mual dan pusing yang dikeluhkan oleh 73 orang santri tersebut, terjadi karena mereka belum mengkonsumsi makanan sedikitpun sebelum imunisasi diberikan. Bahkan ada beberapa santri ternyata tidak meminum obat penurun panas yang sudah diberikan oleh tim medis.

(931 views)