Buang Sampah Sembarangan Di Desa Sidomekar Diancam Denda 100 Ribu Rupiah

Sesuai dengan Peraturan Desa Nomor 5 Tahun 2017, terhitung sejak hari ini, setiap orang yang membuang sampah di Desa Sidomekar Kecamatan Semboro, diancam denda 100 Ribu Rupiah. Hal ini dilakukan untuk mengatasi banyaknya warga yang membuang sampah sembarangan.

Kapolsek Semboro AKP Subagio menjelaskan, selama ini masyarakat setempat sering membuang sampah di jalan utama, bahkan di sepanjang aliran sungai setempat. Akibatnya, saat terjadi hujan, sering terjadi banjir genangan.

Agar persoalan serupa tidak terulang, Jumat pagi Polsek Semboro bersama Satpol PP, dan warga setempat melakaukan kerja bakti. Selain membangun sejumlah tempat pembuangan sampah, petugas juga meletakkan sejumlah papan penguman berisi himbauan, agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Sesuai Peraturan Desa Nomor 5 Tahun 2017, warga yang kedapatan membuang sampah sembarang, akan didenda sebesar 100 Ribu Rupiah.

Lebih lanjut Subagio menjelaskan, penegakan Perdes Nomor 5 Tahun 2017 ini, nantinya akan dikawal oleh tiga pilar, diantaranya Bhabinsa, Bhabinkabtibmas, dan aparat desa setempat yang dalam hal ini Sat Pol PP. Dengan adanya Perdes ini Subagio berharap, tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah sembarang.

(548 views)