Menteri PPA Minta Film G30S/PKI Tidak Diputar Untuk Anak-Anak

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yebinse, minta film G30S/PKi tidak diputar untuk anak-anak. Sebab dalam film tersebut terdapat adegan kekerasan, yang dapat berdampak negatif terhadap perkembangan mental anak.
Hal ini disampaikan Menteri Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak, menggapi rencana pemutan ulang film G30S/PKI untuk menyadarkan masyarakat tentang bahaya laten PKI.
Menurut Yohana, meskipun bertujuan baik bagi generasi bangsa, namun film G30S/PKI kurang tepat untuk menjadi konsumsi anak-anak. Dalam film tersebut banyak adegan kekerasan, sehingga dirinya merekomendasikan agar tidak dilakukan.
Apabila memang harus diputar untuk kepentingan pembelajaran sejarah, Yohanna minta agar ada pendampingan secara ketat oleh guru pemangku pelajaran, sehingga hal-hal negatif dalam film tersebut tidak justru merusak mental anak.
Lebih jauh Yohana juga meminta terhadap orang tua siswa, untuk lebih ketat lagi mengawasi perilaku putra putrinya. Sebab meskipun sudah dihimbau agar tidak menonton film G30S/PKI, viral di media sosial dapat menimbulkan rasa ingin tahu pada anak, sehingga mereka masih bisa mencuri kesempatan menggunakan HP yang dipegangnya.

(510 views)