Disperindag Berencana Impor Garam Dapur Untuk Atasi Kelangkaan

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jember Anas Maruf, akhirnya angkat bicara terkait kelangkaan garam di pasaran. Bahkan jika dalam beberapa hari kedepan kelangkaan masih terjadi, pemerintah berencana melakukan impor dari luar negeri.
Kepada sejumlah wartawan Anas menjelaskan, banyaknya keluhan masyarakat terkait kelangkaan garam baik yang disampaikan langsung maupun melalui media sosial, sudah ditindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan Disperindag Propinsi Jawa Timur.
Dari hasil rapat koordinasi tersebut, ternyata kelangkaan garam bukan hanya terjadi di Jember, tetapi terjadi secara nasional. Cuaca buruk menyebabkan jumlah produksi petani garam menurun drastis, sehingga jumlah pasokan dipasaran berkurang. Padahal selama ini Jawa Timur merupakan pemasok 60 persen dari kebutuhan garam nasional.
Lebih jauh Anas menjelaskan, jika hingga beberapa hari kedepan kelangkaan garam di pasaran masih saja terjadi, Pemerintah berencana melakukan import untuk mengendalikan harga pasar. Sebab saat ini saja, garam yang biasanya seharga 2 Ribu Rupiah, naik menjadi 6500 Rupiah.

(475 views)