Publikasi Penggunaan Dana APBD Tidak Perlu Ijin Bupati

Bupati Jember Faida membantah menginstruksikan Dinas PU Bina Marga dan Sumberdaya Air maupun OPD lainnya, untuk meminta ijin kepadanya sebelum mempublikasikan data penggunaan dana APBD, termasuk penerima paket proyek Penunjukkan Langsung.

Hal ini disampaikan Bupati Jember Faida, usai melakukan konsultasi revisi RPJMD kepada Pimpinan DPRD Jember Selasa siang. Menurut Faida tidak perlu ada yang di tutup-tutupi dalam penggunaan dana APBD, karena memang sudah menjadi hak rakyat. Bahkan Faida menginstruksikan kepada semua OPD, untuk mengumumkannya hingga ke pelosok desa.

Terkait polemik pengumuman penerima paket Penunjukan Langsung DPU BSMDA yang terkesan tertutup, Faida mengaku kepala DPU BMSDA Rasyid Zakaria tidak pernah berkomunikasi ataupun konsultasi dengannya. Apalagi lanjut Faida, untuk mempublikasikan data tersebut sebenarnya tidak perlu ijin Bupati.

Sebelumnya Kepala DPU BMSDA Rasyid Zakaria, menolak memberikan data penerima paket Penunjukan Langsung APBD 2017 kepada DPRD, dengan alasan belum ada petunjuk Bupati. DPU BMSDA menempel pengumuman penerima paket PL di kantornya, namun melarang siapapun termasuk wartawan memotret dari jarak dekat.

(700 views)