Pemkab Belum Bisa Buktikan Terjadinya Pungli Dalam Pameran IKM

Hingga saat Ini Pemkab Jember belum berhasil menemukan bukti dugaan terjadinya Pungli Stand, yang menyebabkan dibatalkannya Pameran Industri Kecil Menengah dua pekan lalu. Hal ini disampaikan Plt Sekkab Jember Mirfano Rabu Siang.

Menurut Mirfano, hingga saat ini belum ada tindak lanjut atas dugaan terjadinya Pungli Stand Pameran IKM, karena sejauh ini belum ada laporan dari Staf Pemkab yang ditugaskan untuk menelusuri kebenaran isu tersebut.

Karena itu lanjut Mirfano, pihaknya sampai hari ini belum bisa melakukan tindak lanjut ke arah proses hukum, karena belum jelas siapa yang memberikan dan yang melakukan pungutan liar tersebut. Mirfano menegaskan pihaknya tidak akan melanjutkan persoalan ini, jika hanya sebatas isu.

Diberitakan sebelumnya, pameran IKM yang rencananya dilakasanakan di Gedung Serbaguna Gor PKPSO 2 pekan lalu, dibatalkan sepihak beberapa jam menjelang pembukaan yang rencananya dilakukan oleh Menteri Perdagangan.

Menteri Perdagangan Enggartiasto lukita ketika dikonfirmasi mengatakan, dirinya mendapat informasi dari Bupati Jember Faida, tentang dugaan terjadinya Pungli Stand. Padahal pameran tersebut sepenuhnya ditanggung oleh sponsor, yang mestinya gratis untuk pelaku IKM,, Sehingga atas kejadian ini Enggartiasto mengaku sepakat, dengan keputusan Bupati membatalkan acara tersebut.

(458 views)