Baru 10 Persen Desa di Jember Miliki BUMDes

Di Kabupaten Jember baru 86 desa yang sudah memiliki Badan Usaha Milik Desa atau B-U-M-Des. Bahkan dari 86 desa tersebut, baru 20 B-U-M-Des diantaranya yang sudah berjalan. Demikian disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Eko Heru Sunarso.

Menurut Heru, dari 226 desa yang ada di Jember belum semuanya memiliki badan usaha milik desa. Saat ini B-U-M-Des yang sudah ada dan berjalan hanya sekitar 20 desa. Salah satu yang menjadi kendala bagi desa menurut heru, terkait persoalan Sumber Daya Manusia.

Menurut Heru, Badan Usaha Milik Desa merupakan hal baru, yang tentu saja untuk menjalankannya perlu dilakukan pembinaan. Jika saat ini masih ada 20 BUMDES yang sudah berjalan, Heru menargetkan tahun ini setidaknya 50 BUMDES berjalan sesuai harapan. Sehingga 2021 mendatang seluruh desa sudah memiliki bumdes yang produktif.

Lebih jauh Heru menjelaskan, saat ini mayoritas BUMDES bergerak di bidang perdagangan. Kedepan Heru berharap BUMDES juga bergerak di sektor lain, sesuai dengan potensi yang dimiliki desa.  Disinilah lanjut Heru, peran satu desa satu dosen diharapkan mampu memetakan potensi masing-masing desa.

(934 views)