Suplemen Tanaman Dari Lipi Mampu Tingkatkan Produksi Pertanian

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tawarkan penggunaan pupuk hayati atau sejenis suplemen tanaman, untuk meningkatkan hasil produksi hingga 150 persen. Hal ini disampaikan wakil kepala Lipi Bambang Subianto, dalam pengenalan konservasi dan pengembangan potensi daerah di desa Sabrang Ambulu Jumat pagi.

Menurut Bambang, dari hasil penelitian yang dilakukan Lipi, suplemen ini bisa dimanfaatkan untuk segala jenis tanaman bersamaan dengan penggunaan pupuk kimia dengan komposisi 50:50. Sebab pada prinsipnya suplemen ini akan mengarahkan zat yang terkandung dalam pupuk kimia agar lebih cepat terserap oleh akar tanaman.

Lipi lanjut Bambang, juga sudah mencoba menerapkannya di beberapa daerah pertanian seperti Ngawi dan Wonogiri. Hasilnya cukup memuaskan, dari yang biasanya 8 ton per hektar naik menjadi 12 ton per hektar.

Bersamaan dengan pengenalan konservasi oleh Lipi tersebut juga hadir anggota komisi VII DPR RI Dapil Jember-Lumajang Bambang Hariadi, untuk menyerahkan bantuan 2 ribu bibit pohon jambu biji yang bermanfaat untuk menyerap limbah rumah tangga. Semakin banyak masyarakat menanam pohon jambu biji, kualitas air sumur masyarakat juga akan semakin sehat.

(365 views)