Kejaksaan Negeri Jember Tahan Kades Nogosari

Kejaksaan Negeri Jember Selasa siang melakukan penahanan terhadap kepala desa Nogosari berinisial ZN, tersangka kasus dugaan korupsi alokasi dana desa dan dana desa tahun anggaran 2013 sampai 2015.

Kepala Kejaksaan Negeri Jember Ponco Hartanto menjelaskan, penahanan terhadap tersangka ini dilakukan untuk mempermudah proses penyidikan. Selain itu jaksa juga memiliki pertimbangan agar tersangka tidak menghilangkan barang bukti, serta mempengaruhi saksi-saksi.

Lebih jauh Ponco menjelaskan, untuk sementara berdasarkan hasil perhitungan jaksa, kerugian negara akibat perbuatan tersangka senilai 500 juta rupiah lebih. Tetapi angka tersebut menurut Ponco masih mungkin bertambah, tergantung hasil pengembangan penyidikan nantinya.

saat ini menurut Ponco memang baru ada satu tersangka. Namun masih ada kemungkinan jumlah tersangka akan bertambah seiring perkembangan penyidikan natinya. Sebab dalam perbuatan pidana korupsi biasanya tidak bisa dilakukan sendiri, tetapi dilakukan secara kolektif. Untuk tahap awal kejaksaan hanya melakukan penahanan selama 20 hari, namun akan diperpanjang jika proses penyidikan belum selesai.

(647 views)