Penembak Mahasiswa Unmuh Anggota Brimob Berpangkat Briptu

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Mahfud Arifin memastikan akan memberi sangsi tegas, terhadap anggota satuan Brimob Polda Jatim berinisial BM, pelaku penembakan terhadap Dedi mahasiswa Unmuh asal Bima NTB Sabtu dinihari lalu.

Dalam press release yang dilaksanakan Senin siang di Mapolres Jember Mahfud menjelaskan, Polres Jember bersama Propam Polda Jatim Minggu pagi sudah menangkap pelaku. Dari hasil pemeriksaan seluruh saksi dan juga pengakuan tersangka sendiri, dipastikan anggota Brimob berinisial BM ini sebagai pelaku tunggal penembakan terhadap Dedi.

Mahfud tegaskan tidak ada unsur perencanaan dalam peristiwa tersebut. Kejadian ini terjadi spontan saat korban dan tersangka terlibat keributan, dan berebut senjata api yang dibawa oleh tersangka.

Meski demikian Mahfud pastikan akan memproses tersangka hingga ke pengadilan, dengan jeratan pasal 338 junto 359 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara. Mahfud tegaskan tidak ada toleransi bagi anggota yang melakukan kesalahan, apalagi sampai menghilangkan nyawa orang.

Lebih jauh Mahfud menjelaskan, tersangka bm sehari-hari bertugas di mako Brimob Polda Jatim yang berada di Bondowoso. Namun saat peristiwa ini terjadi, BM sedang lepas dinas dan pulang ke rumah orang tuanya, yang kebetulan juga sebagai salah satu anggota Polres Jember.

Polres Jember bersama Propam Polda Jatim Minggu pagi berhasil menangkap BM, anggota Brimob Polda Jatim berpangkat brigadir satu. BM diduga kuat sebagai pelaku tunggal penembakan terhadap Dedi, mahasiswa fakultas bahasa Indonesia Unmuh Jember asal Bima Nusa Tenggara Barat.

(819 views)