Penyaluran Raskin Terkendala Belum Di Tetapkannya Data Penerima

Akibat belum ditetapkannya data penerima beras sejahtera atau Rastra yang dulunya disebut Raskin, hingga memasuki pertengahan Maret ini Bulog belum bisa melakukan penyaluran. Padahal biasanya Rastra ini sudah bisa disalurkan sejak bulan Januari.

Kepala Bulog Sub Divre XI Jember Khozin menjelaskan, data penerima Rastra biasanya dikeluarkan oleh dinas sosial, dan dikoordinasikan dengan Pemprov serta kementerian sosial, yang pada akhirnya di tetapkan melalui keputusan bupati. Berdasarkan SK Bupati itulah Bulog mengeluarkan Rastra kepada masyarakat.

Tahun 2016 lalu lanjut Khozin, Rastra bisa disalurkan sejak awal Januari karena tidak perlu dilakukan verifikasi ulang. Namun di tahun 2017 ini, seluruh kabupaten dan kota harus melakukan verifikasi ulang sebelum ditetapkan dalam surat keputusan bupati.

Proses verifikasi ulang inilah menurut Khozin, yang mungkin menjadi kendala sehingga sampai saat ini SK Bupati tentang data penerima Rasta belum turun. Bahkan bukan hanya Jember saja yang tidak bisa mulai menyalurkan Rastra, tetapi juga banyak kabupaten lain yang memiliki kendala yang sama.

(357 views)