Kepala SMKN 8 Semboro Beserta Dua Wakilnya Terjaring OTT Tim Saber Pungli

Kepala SMK Negeri 8 Semboro berinisial SR bersama dua orang wakilnya berinisial KA dan DR, terjaring dalam operasi tangkap tangan tim saber pungli Polres Jember. Dari ketiga tersangka diamankan barang bukti berupa uang tunai 41,9 juta rupiah, ratusan kwitansi dan sebuah sepeda motor.

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo menerangkan, awalnya tim saber pungli menerima laporan dari orang tua siswa, terakit adanya tarikan senilai 1 juta rupiah per siswa, diluar sumbangan pengembangan pendidikan atau SPP. Bahkan jika tidak dilunasi, siswa diancam  tidak diijinkan mengikuti ujian.

Berdasarkan informasi tersebut tanggal 1 Maret lalu tim saber pungli melakukan operasi, dan menangkap kepala sekolah beserta kedua wakilnya, saat melakukan pungutan kepada siswanya. Dari tangan tersangka diamankan uang tunai senilai 41,9 juta rupiah, ratusan kuitansi pembayaran dan sebuah motor yang dibeli dari hasil pungli tersebut.

Tim saber pungli lanjut Kusworo, masih akan melakukan pengembangan penyelidikan untuk mengungkap kemungkinan adanya oknum lain di SMKN 8 Semboro yang terlibat. Akibat perbuatannya ketiga tersangka akan dijerat pasal 12 undang-undang nomor 20 tahun 2001, dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.

(2.253 views)