Dari 18 Perda Baru 7 Perda Yang Sudah Dilengkapi Peraturan Bupati

Dari 18 Perda yang sudah di sahkan sejak akhir tahun 2015 lalu, hingga saat ini baru 7 perda yang sudah ditindaklanjuti dengan terbitnya peraturan bupati. Meski belum adanya perbup, sejumlah perda seperti perda CSR dan bantuan hukum bagi masyarakat miskin sudah bisa dilaksanakan.

Demikian disampaikan pelaksana tugas Kabag Hukum Pemkab Jember Isnaini Dwi Susanti. Menurut Santi sampai hari ini memang baru 7 Perda yang sudah dilengkapi peraturan bupati. Diantaranya Perda Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial atau PMKS dan perda tentang pemerintahan desa.

Meski belum dilengkapi dengan peraturan bupati, sejumlah Perda seperti CSR dan bantuan hukum bagi masyarakat miskin sudah bisa dilaksanakan. Bahkan dinas sosial dan bagian hukum sudah pernah melaksanakannya sebelum kedua perda tersebut disahkan.

Lebih jauh Santi menjelaskan, pihaknya dalam waktu dekat berencana melakukan sosialisasi perda terlebih dahulu, dengan mengajak seluruh pihak agar bisa memberikan masukan dalam proses kajian dan pembuatan Perbup sebelum diajukan kepada bupati.

(455 views)