Bapemperda Desak Pemkab Segera Terbitkan Perbup Agar Perda Bisa Berlaku Efektif

Anggota badan pembuat Perda DPRD Jember dari partai Hanura Isa Mahdi khawatir, masyarakat akan menilai pembuatan Perda hanya buang-buang anggaran. Sebab sejauh ini banyak sekali perda yang belum bisa dilaksanakan, akibat tidak segera diikuti terbitnya peraturan bupati.

Kepada sejumlah wartawan Isa mengaku mendapat informasi, bahwa jumlah perda yang masih terkendala Perbup jauh lebih banyak dari pada yang sudah dilengkapi Perbup. Padahal tugas DPRD sebagai badan legislasi daerah sudah tuntas. Sehingga menjadi tanggung jawab eksekutif untuk menindaklanjutinya dengan terbitnya Perbup.

Proses perubahan tatanan birokrasi menurut Isa tidak bisa menjadi alasan, karena setiap organisasi perangkat daerah memiliki pimpinan yang harusnya mampu membuat telaah staf. Ssa mendesak Pemkab segera keluarkan perbup terkait perda CSR, perda bantuan hukum rakyat miskin, perda disabilitas dan perda lain yang sudah lama menumpuk di bagian hukum Pemkab Jember.

Sementara pelaksana tugas kepala bagian hukum Pemkab Jember Isnaini Dwi Susanti hingga berita ini diturunkan belum berhasil dikonfirmasi.

(426 views)