Ketua DPRD Jember Nilai Pemkab Gagal Realisasikan Apbd 2016

Ketua DPRD Jember Thoif Zamroni menilai pemerintahan Faida-Muqit gagal merealisaskan APBD Jember tahun 2016 dengan baik. Padahal dalam APBD 2016 DPRD telah menyediakan ruang fiskal sebesar 117 miliar, untuk merealisasikan sebagian janji kerja bupati terpilih kepada masyarakat.

Thoif menjelaskan, sebenarnya APBD yang telah disahkan oleh gubernur dan Kemendagri wajib dilaksanakan oleh bupati. Tetapi nyatanya Thoif menilai kinerja bupati tidak mampu menyerap APBD 2016 dengan maksimal.

Harusnya menurut Thoif, ruang fiskal senilai 117 milyar yang sudah disediakan dalam APBD 2016 menjadi amunisi bagi bupati, untuk melakukan akselerasi percepatan realisasi janji politiknya kepada masyarakat secara bertahap. Setidaknya dari 22 janji bisa direalisasikan 2 sampai 3 janji.

Lebih jauh Thoif menjelaskan, jika mau dihitung dengan cermat seluruh APBD Jember dalam satu tahun dengan nilai 3,4 trilyun sekalipun, tidak akan cukup untuk mendanai 22 janji kerja bupati. Namun setidaknya Thoif berharap ada beberapa janji kerja bupati kepada masyarakat yang menjadi prioritas untuk direalisasikan.

(415 views)